PENGERTIAN TENTANG APA ITU ANIMASI
A. Pengertian Animasi
Animasi sendiri berasal dari bahasa latin yaitu “anima” yang berarti jiwa, hidup, semangat. Animasi
adalah gambar begerak berbentuk dari sekumpulan objek (gambar) yang
disusun secara beraturan mengikuti alur pergerakan yang telah ditentukan
pada setiap pertambahan hitungan waktu yang terjadi. Gambar atau objek
yang dimaksud dalam definisi di atas bisa berupa gambar manusia, hewan,
maupun tulisan. Pada proses pembuatannyam sang pembuat animasi atau yang
lebih dikenal dengan animator harus menggunakan logika berfikir untuk
menentukan alur gerak suatu objek dari keadaan awal hingga keadaan akhir
objek tersebut. Perencanaan yang matang dalam perumusan alur gerak
berdasarkan logika yang tepat akan menghasilkan animasi yang menarik
untuk disaksikan.
Apabila
kita perhatikan penjelasan sebelumnya, maka dapat disimpulkan bahwa
terdapat dua hal penting yang harus diperhatikan dalam pembuatan
animasi, yaitu Objek/ gambar dan alur gerak.
Atau
juga Animasi merupakan suatu teknik menampilkan gambar berurut
sedemikian rupa sehingga penonton merasakan adanya ilusi gerakan
(motion) pada gambar yang ditampilkan. Secara umum ilusi gerakan
merupakan perubahan yang dideteksi secara visual oleh mata penonton
sehingga tidak harus perubahan yang terjadi merupakan perubahan posisi
sebagai makna dari istilah ‘gerakan’. Perubahan seperti perubahan warna
pun dapat dikatakan sebuah animasi.
Dalam
bidang grafika pemodelan visual dapat dikategorikan sebagai dua
kelompok yaitu pemodelan geometrik dan pemodelan penampilan
(appearance). Pemodelan geometrik merupakan representasi dari bentuk
objek yang ingin ditampilkan sedangkan pemodelan penampilan membuat
representasi sifat visual atau penampakan objek tersebut. Contoh sifat
visual diantaranya warna dan tekstur. Berdasarkan definisi animasi di
atas bahwa sebuah animasi disusun oleh himpunan gambar yang ditampilkan
secara berurut maka animasi dapat dikatakan sebuah fungsi terhadap
waktu. Gambar dapat didefinisikan sebagai koleksi deskripsi geometris
dan visual ataupun dapat berupa citra. Pada gambar yang merupakan
koleksi deskripsi, maka animasi didefinisikan sebagai fungsi yang
memetakan waktu kepada perubahan parameter-parameter dari deskripsi.
Pada gambar yang merupakan citra, animasi didefinisikan sebagai fungsi
yang memetakan waktu kepada tiap elemen citra.
B. Prinsip Dasar Animasi
Animasi berasal dari kata ”Animation” yang dalam bahasa Inggris ”to animate” yang berarti menggerakan.
Jadi animasi dapat diartikan sebagai menggerakan sesuatu (gambar atau obyek) yang diam.
Sejarah animasi dimulai dari jaman purba, dengan ditemukannya lukisan-lukisan pada dinding goa di Spanyol yang menggambarkan ”gerak”
dari binatang-binatang. Pada 4000 tahun yang lalu bangsa Mesir juga
mencoba menghidupkan suatu peristiwa dengan gambar-gambar yang dibuat
berurutan pada dinding.
Sejak
menyadari bahwa gambar bisa dipakai sebagai alternatif media
komunikasi, timbul keinginan menghidupkan lambang-lambang tersebut
menjadi cermin ekspresi kebudayaan. Terbukti dengan diketemukannya
berbagai artefak pada peradapan Mesir Kuno 2000 sebelum masehi. Salah
satunya adalah beberapa panel yang menggambarkan aksi dua pegulat dalam
berbagai pose.
Animasi sendiri tidak akan pernah berkembang tanpa ditemukannya prinsip dasar dari karakter mata manusia yaitu: persistance of vision (pola
penglihatan yang teratur). Paul Roget, Joseph Plateau dan Pierre
Desvigenes, melalui peralatan optic yang mereka ciptakan, berhasil
membuktikan bahwa mata manusia cenderung menangkap urutan gambar-gambar
pada tenggang waktu tertentu sebagai suatu pola. Dalam perkembangannya
animasi secara umum bisa didefinisikan sebagai:
Suatu sequence gambar yang diekspos pada tenggang waktu tertentu sehingga tercipta sebuah ilusi gambar bergerak
C.Jenis-Jenis dan Macam-macam Animasi
Dilihat dari tehnik pembuatannya animasi yang ada saat ini dapat dikategorikan menjadi 3, yaitu:
1. Animasi Stop-motion (Stop Motion Animation)
2. Animasi Tradisional (Traditional animation)
3. Animasi Komputer (Computer Graphics Animation)
1. Stop-motion animation
Stop-motion animation sering pula disebut claymation karena dalam perkembangannya, jenis animasi ini sering menggunakan clay (tanah liat) sebagai objek yang digerakkan . Tehnik stop-motion animation merupakan
animasi yang dihasilkan dari penggambilan gambar berupa obyek (boneka
atau yang lainnya) yang digerakkan setahap demi setahap. Dalam
pengerjaannya teknik ini memiliki tingkat kesulitan dan memerlukan kesabaran yang tinggi.
Wallace and Gromit dan Chicken Run , karya Nick Parks, merupakan salah satu contoh karya stop motion animation. Contoh lainnya adalah Celebrity Deadmatch di MTV yang menyajikan adegan perkelahian antara berbagai selebriti dunia.
2. Animasi Tradisional (Traditional animation)
Tradisional
animasi adalah tehnik animasi yang paling umum dikenal sampai saat ini.
Dinamakan tradisional karena tehnik animasi inilah yang digunakan pada
saat animasi pertama kali dikembangkan. Tradisional animasi juga sering
disebut cel animation karena tehnik pengerjaannya dilakukan pada celluloid transparent yang
sekilas mirip sekali dengan transparansi OHP yang sering kita gunakan.
Pada pembuatan animasi tradisional, setiap tahap gerakan digambar satu
persatu di atas cel. Dengan berkembangnya teknologi komputer, pembuatan animasi tradisional ini telah dikerjakan dengan menggunakan komputer. Dewasa
ini teknik pembuatan animasi tradisional yang dibuat dengan menggunakan
komputer lebih dikenal dengan istilah animasi 2 Dimensi.
3.Animasi Komputer
Sesuai
dengan namanya, animasi ini secara keseluruhan dikerjakan dengan
menggunakan komputer. Dari pembuatan karakter, mengatur gerakkan “pemain” dan kamera, pemberian suara, serta special effeknya semuanya di kerjakan dengan komputer.
Dengan
animasi komputer, hal-hal yang awalnya tidak mungkin digambarkan dengan
animasi menjadi mungkin dan lebih mudah. Sebagai contoh perjalanan
wahana ruang angkasa ke suatu planet dapat digambarkan secara jelas,
atau proses terjadinya tsunami.Perkembangan
teknologi komputer saat ini, memungkinkan orang dengan mudah membuat
animasi. Animasi yang dihasilkan tergantung keahlian yang dimiliki dan
software yang digunakan.
b. Software Animasi
Saat ini terdapat banyak jenis software animasi yang beredar di pasaran, dari software yang mempunyai kemampuan yang sederhana hingga yang komplek, dari yang gratis hingga puluhan juta rupiah.
Dari
sisi fungsi penggunaan software animasi dapat dikelompokkan menjadi
Software Animasi 2 Dimensi dan Software Animasi 3 Dimensi.
1. Software Animasi 2 Dimensi.
Software animasi 2D adalah software yang digunakan untuk membuat animasi tradisional (flat animation), umumnya mempunyai kemampuan untuk menggambar, mengatur gerak, mengatur waktu, beberapa dapat mengimpor suara. Dari sisi penggunaan umumnya tidak sulit.
Contoh dari Software Animasi 2D ini antara lain:
· Macromedia Flash
· Adobe Flash
· Macromedia Director
· ToonBoom Studio
· Adobe ImageReady
· Corel RaVe
· Swish Max
· Adobe After Effect
2. Software Animasi 3 Dimensi
Software
animasi 3D mempunyai fasilitas dan kemampuan yang canggih untuk membuat
animasi 3 dimensi. Fasilitas dan kemampuan tersebut antara lain,
membuat obyek 3D, pengaturan gerak kamera, pemberian efek, import video
dan suara, serta masih banyak lagi. Beberapa software animasi 3D
mempunyai kemampuan khusus, misalnya untuk animasi figure(manusia),
animasi landscape (pemandangan), animasi title (judul), dll. Karena
kemampuannya yang canggih, dalam penggunaannya diperlukan pengetahuan
yang cukup tinggi dan terkadang rumit.
Animasi Frame by Frame
Animasi
Frame by Frame adalah membuat sebuah ilusi pergerakan dari sebuah
gambar/objek yang diam (still image) frame demi frame-nya.
Pada
materi ini Anda akan mempelajari bagaimana cara membuat objek bergerak
melintas pada Stage, merubah ukuran, memutar, mengganti warna dan
mengubah bentuk. Ada beberapa istilah dalam pembuatan animasi,
diantaranya adalah :
1.
Frame dapat diumpamakan seperti film, yaitu film merupakan kumpulan
gambar yang dimainkan secara berurutan dengan kecepatan tertentu,
sehingga gambar tersebut terlihat bergerak .
2.
Keyframe adalah frame dimana Anda menentukan perubahan pada tombol atau
animasi. Pada animasi tween, Anda membuat keyframe hanya pada titik
yang penting di dalam Timeline. Keyframe ditandai oleh titik di dalam
frame. Keyframe yang tidak berisi gambar di dalam layer ditandai oleh
titik kosong.
3.
BlankKeyframe artinya kita mempersiapkan frame kosong untuk diisi objek
baru, dan apabila kita menggambar objek, blank keyframe tersebut sudah
berisi objek. Blank keyframe dilambangkan dengan titik bulat putih pada
frame.
Macam-macan Animasi adalah:
1. Motion Path
Anda
dapat menggunakan motion path untuk membuat symbol bergerak mengikuti
bentuk lintasan yang sulit. Dengan menggunakan layer Motion Guide untuk
membuat garis untuk lintasan gerak objek. Layer Guide ditandai oleh ikon
guide disebelah nama layer.
2. Animasi Margue
Animasi margue banyak dilihat pada situs web, yaitu suatu teks yang muncul dari bagian kanan layar, lalu begerak menuju ke kiri layar dan menghilang, begitu seterusnya.
3. Animasi Transparan
Animasi transparan adalah animasi yang terlihat secara transparan perlahan-lahan
lalu menghilang. Animasi ini sering digunakan dalam melakukan
pergantian animasi dari satu animasi ke animasi lainnya, sehingga
perpindahan animasi akan terlihat halus.
4. Animasi Fade
Animasi
fade adalah animasi pemudaran. fade dibagi menjadi 2, yaitu fade in
(pemudaran ke dalam) dan fade out (pemudaran keluar).
5. Animasi Rotasi
Animasi
rotasi adalah animasi objek atau teks yang berputar, seperti jam,
kincir angin, putaran roda, dan lain-lain. Kita bisa memutarnya searah
jarum jam (CW : Clock Wise) atau berlawanan dengan arah jarum jam (CCW :
Counter Clock Wise).
6. Animasi Blink
Blink
adalah animasi berkedip atau berkelip, seperti bintang di langit atau
lampu disco, animasi blink biasanya sangat efektif untuk menarik
perhatian, sehingga banyak digunakan untuk membuat banner.
7. Animasi Shape
Animasi
ini adalah perubahan bentuk dari suatu objek menjadi objek lain atau
dari suatu objek menjadi teks dan sebaliknya. Animasi ini juga sering
disebut efek Morph.
8. Animasi Masking
Masking
adalah animasi yang menyembunyikan atau menutupi suatu objek dengan
objek lain, sehinga objek yang menutupi terlihat transparan dan menyatu
dengan objek yang ditutupi.
Sumber : 1.http://bagussugihharno.blogspot.com/2012/09/pengertian-dasar-animasi.html.2.http://tittiduit.blogspot.com/
| |||||||
0 comments:
Post a Comment